Postingan

Aksi nyata topik 1 : pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif

 #GBBUDL #gtkdikmendiksus #kemdikbudristekdikti Aksi Nyata topik 1.  Pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif. Selamat malam rekan – rekan, Bapak/Ibu Guru Hebat, dan wali siswa semua. dalam rangka memenuhi tahapan penyelesaian Bimtek Universal Design for Learning yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristekdikti, izinkan saya membagikan pemahaman mengenai materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif. Apakah Bapak/Ibu atau teman - teman pernah mendengar istilah "inklusif"?.  Inklusif, atau inclusion dalam bahasa Inggris, adalah sikap mengajak masuk atau mengikutsertakan. Inklusif juga bisa memiliki arti memahami sesuai sudut pandang orang atau kelompok lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Lalu apa korelasi antara inklusif dengan dunia pendidikan kita? Dewasa ini sering terdengar instilah pendidikan inklusif atau pembelajaran setting pendidikan inklusif. Apa maksudnya? Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang tidak membedakan kondisi peserta didik. Kita tentu pernah me

SOAL UJI TEORI / TULIS UKK (UJI KOMPETENNSI KEJURUAN) SMK JURUSAN ASISTEN KEPERAWATAN.PAKET TTV DAN PERAWATAN JENAZAH

artikel ini di tujukan untuk rekan rekan guru SMK dan adik adik pelajar SMK khususnya jurusan asisten keperawatan yang akan menjalani UKK tulis.  ujian tulis ini untuk PAKET ujian dengan kompetensi TTV (tanda - tanda vital)dan perawatan jenazah.  soal :  soal no 1.  Jelaskan hal-hal yang harus di perhatikan seorang perawat dalam mengidentifikasi kegiatan pengukuran tanda-tanda vital pasien?  soal no 2.  Lakukan komunikasi terapeutik yang baik dan benar sesuai asuhan keperawatan pada pasien yang akan di berikan tindakan tanda-tanda vital !  soal no 3.  Klasifikasikan alat-alat yang di butuhkan dalam tindakan mengukur tanda-tanda vital pada pasien sesuai urutan pemakaian! soal  no 4.  Ketika seorang perawat melakukan intervensi tindakan tanda-tanda vital pada pasien, urutan tindakan TTV yang benar yaitu soal  no 5.  Untuk memperoleh data yang memerlukan penjelasan atau uraian dari klien, maka perawat menggunakan jenis pertanyaan…  a.Terbuka  b. Tertutup  c. Penginderaan  d. Pendengaran 

ANALISIS KESULITAN BELAJAR : TUGAS PPG TAHUN 2021 JURUSAN KEPERAWATAN

Kesulitan belajar peserta didik : peserta didik mudah lupa terhadap materi yang telah diberikan Model pembelajaran inovatif yang dipilih : problem base learning Langkah – langkah : peserta didik diminta membagi dalam kelompok, satu kelompok berjumlah 5-6 orang. TUJUAN PEMBELAJARAN 3.14 peserta didik mampu menerapkan pertolongan mobilisasi pasien 4.14 peserta didik mampu melakukan petolongan mobilisasi pasien MATERI PEMBELAJARAN Mata pelajaran Kebutuhan dasar Tindakan Keperawatan Materi kebutuhan dasar mobilisasi KARAKTERISIK PESERTA DIDIK Peserta didik SMK Roudlotul Hikmah program studi keahlian asisten keperawatan memilikikarakteristik 1. Menyukai praktik dari pada teori 2. Menyukai penugasan dari pada ceramah 3. Menyukasi diskusi dari pada ceramah KETERAMPILAN GURU • Kontrak waktu dengan peserta didik • Penyampaian sesi materi, yang akan dibagi dalam 3 tahap yaitu tahap penyampaia materi, diskusi dan praktik SARANA PENDUKUNG • Laboratoriumkeperawatan yang memadai

PRE TEST ANATOMI SISTEM KAKRDIOVASKULER kelas X Asisten Keperawatan

Gambar
Assalamu'alaikum anak - anak. masih semangat ya belajarnya. untuk pretest kali ini , berbeda dengan sebelumnya. kita akan melakukan pretes melalui blog ini. masih tentang materi kemarin, kita refresh ulang mengenai organ sistem kardiovaskuler.  tugas ini untuk dikerjakan secara individu ya tugas kalian adalah :  1. silahkan pergi ke Lab  2. amati pantum Torso yang ada di laboratorium keperawatan SMK Roudlotul Hikmah. berikut foto pantum Torso Apakah kalian sudah menemukan pantum torsonya? Jika sudah, 3. Ambil bagian sistem kardiovaskular. 4.berikan nama sesuai nomer yang tertempel pada bagian - bagian sistem kardiovaskular. 5. Kalian boleh mengerjakan secara kelompok, namun untuk pengumpulan dan penilaian tetap secara individual. 6. Tuliskan hasil jawaban kalian pada kolom komentar secara urut sesuai nomer. 7. Namun sebelui tulisakan terlebih dahulu identitas kalian. Selamat mengerjakan, semoga berhasil.

UCAPAN TERIMAKASIH

asslamua'laikum perkenalkan, saya adalah Ns.Qurotul A'yun,S.Kep. seorang Guru keperawata dari salah satu SMK di kabupaten Gresik. sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjungan sodara - sodara semua ke blog saya ini. saya menyadari bahwa blog ini sangat - sangat dibawah standart. karena memang pada saat itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa, dimana blog ini hanya sebagai wadah peralihan file - file kuliyah supaya laptop tidak full. sehingga apapun yang saya posting belum melalui editing dan evaluasi dari saya sendiri. namun dengan banyaknya masukan dari saudara semua, setelah ini saya akan memposting sesuai yang masih berhubungan dnegan keperawatan tentuya, namun dengan kualitas yang lebih idel, berpedoman terhadap pengalaman saya sebagai dosen dan guru keperawatan. semoga postingan - postingan saya kedepan bisa membantu adik - adik mahasiwa dan anak - anak ku di bangku SMK. terimakasih

asuhan keperawatan pada pasien trauma kepala

Gambar
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TRAUMA KEPALA DI RUANG BEDAH F  A.     Prinsip - Prinsip pada Trauma Kepala K   Tulang tengkorak sebagai pelindung jaringan otak, mempunyai daya elastisitas untuk mengatasi adanya pukulan. K   Bila  daya/toleransi elastisitas terlampau akan terjadi fraktur. K   Berat/ringannya cedera tergantung pada : 1.       Lokasi yang terpengaruh : Ü   Cedera kulit. Ü   Cedera jaringan tulang. Ü   Cedera jaringan otak. 2.       Keadaan kepala saat terjadi benturan. K   Masalah utama adalah terjadinya peningkatan tekanan intrakranial (PTIK) K   TIK dipertahankan oleh 3 komponen : 1.       Volume darah /Pembuluh darah  ( ± 75 - 150 ml). 2.       Volume Jaringan Otak ( ± . 1200 - 1400 ml). 3.     Volume LCS ( ± 75 - 150 ml).                                                     Trauma kepala        Kulit                                           Tulang  kepala