Aksi nyata topik 1 : pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif

 #GBBUDL #gtkdikmendiksus #kemdikbudristekdikti Aksi Nyata topik 1.  Pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif. Selamat malam rekan – rekan, Bapak/Ibu Guru Hebat, dan wali siswa semua. dalam rangka memenuhi tahapan penyelesaian Bimtek Universal Design for Learning yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristekdikti, izinkan saya membagikan pemahaman mengenai materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif. Apakah Bapak/Ibu atau teman - teman pernah mendengar istilah "inklusif"?.  Inklusif, atau inclusion dalam bahasa Inggris, adalah sikap mengajak masuk atau mengikutsertakan. Inklusif juga bisa memiliki arti memahami sesuai sudut pandang orang atau kelompok lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Lalu apa korelasi antara inklusif dengan dunia pendidikan kita? Dewasa ini sering terdengar instilah pendidikan inklusif atau pembelajaran setting pendidikan inklusif. Apa maksudnya? Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang tidak membedakan kondisi peserta didik. Kita tentu pernah me

KDTK : PERAWATAN LUKA DASAR PART 2

 KD :  4.36 melaksanakan perawatan luka dasar


SOP ( STANDART OPERASIONAL PROSEDUR )

PERAWATAN LUKA


sumber : hallo sehat


A. Perawatan Luka Lecet

1. pengertian 

luka lecet adalah salah satu dari jenis luka terbuka (open wounds) yang dapat terjadi pada permukaan luar kulit. melakukan tindakan membersihkan dan mengobati luka lecet


2. tujuan perawatan luka lecet

mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka


3. penyebab luka lecet

  • pakaian terlalu ketat
  • menggunakan kain yang kaku
  • sepatu atau hak tinggi dan ketat
  • keringat berlebihan
  • lari
  • bersepeda 
  • cuaca panas
4. alat dan bahan
  • pinset anatomis
  • lidi kapas/kassa
  • handscoen
  • desinfektan
  • NaCl 0,9 %
  • bengkok 2 buah 

5. prosedur pelaksanaan

a. tahap pra interaksi 
  • melakukan verifikasi data sebelumnya bila ada
  • mencuci tangan
  • menematkan alat di dekat pasien dengan benar
b. tahap orientasi
  • memberikan dalam sebagai pendekatan terapeutik
  • menjelaskan tujuan dan prosedur tindakan pada pasien/ keluarga
  • menanyakan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan
c. tahap kerja
  • menjaga privcy
  • mengatur posisi pasien sehingga luka dapat terlihat jelas dan buka pakaian seperlunya
  • membuka peralatan
  • memkai handscoen
  • membersihkan luka dengan menggunakan cairan NaCl 0,9 %
  • mengerinkan dengn kassa steril
  • mengoleskan desinfektan
  • merapikan pasien
d. tahap terminasi
  • mengevaluasi hasil tindakan
  • berpamitan dengan pasien
  • membereskan dan kembalikan alat ke tempat semula
  • mencuci tangan 
  • dokumnetasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh kasus asuhan keperawatan dengan pasien gangguan kebutuhan cairan dan elektrolit

PRE TEST ANATOMI SISTEM KAKRDIOVASKULER kelas X Asisten Keperawatan

Model konseptual keperawatan sister calista roy