Aksi nyata topik 1 : pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif

 #GBBUDL #gtkdikmendiksus #kemdikbudristekdikti Aksi Nyata topik 1.  Pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif. Selamat malam rekan – rekan, Bapak/Ibu Guru Hebat, dan wali siswa semua. dalam rangka memenuhi tahapan penyelesaian Bimtek Universal Design for Learning yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristekdikti, izinkan saya membagikan pemahaman mengenai materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif. Apakah Bapak/Ibu atau teman - teman pernah mendengar istilah "inklusif"?.  Inklusif, atau inclusion dalam bahasa Inggris, adalah sikap mengajak masuk atau mengikutsertakan. Inklusif juga bisa memiliki arti memahami sesuai sudut pandang orang atau kelompok lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Lalu apa korelasi antara inklusif dengan dunia pendidikan kita? Dewasa ini sering terdengar instilah pendidikan inklusif atau pembelajaran setting pendidikan inklusif. Apa maksudnya? Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang tidak membedakan kondisi peserta didik. Kita tentu pernah me

KDTK : PERAWATAN LUKA DASAR PART 3

 KD :  4.36 melaksanakan perawatan luka dasar


SOP ( STANDART OPERASIONAL PROSEDUR )

PERAWATAN LUKA

sumber : Grid id





B. PERAWATAN LUKA KOTOR
1. pengertian
luka kotor terdapat mikroorganisme pada luka. terjadinya infeksi pada luka jenis ini akan semakin besar dengan adanya mikroorganisme tersebut. perawatan luka kotor harus melakukan tindakan perawatan mengganti balutan, membersihkan luka pada luka kotor

2. tujuan
mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka

3. alat dan bahan
a. bak instrument yang berisi:
  • pinset anatomi
  • ppinset cirugis
  • guting debridemen
  • kasa steril
  • kom 3 buah
b. peralatan lain terdiri dari :
  • handscoen
  • gunting plester
  • plester
  • alkohol 70 %
  • desinfektan
  • NaCl
  • bengkok 2 buah, 1 buh berisi larutan desinfektan
  • verband
  • obat luka sesuai kebutuhan
c.prosedur 

1. tahap pra interaksi
  • melakukan program verifikasi terapi
  • mencuci tangan
  • enempatkan alat didekat pasien dengan benar
2. tahap orientasi
  • memberikan salam dan menyapa nama pasien
  • menjelaskan tujuan dan prosedur tindakan pada keluarga / pasien
  • menanyakan kesiapan pasien sebelum kegiatan dilakukan
3. tahap kerja
  • menjaga privacy
  • mengatur posisi pasien sehingga luka dapat terlihat jelas
  • membuka peralatan
  • memakai handscoen
  • membasahi plester dengan NaCl sampai terlepas
  • membuka balutan lapis luar
  • membersihkan sekitar luka dan bekas plester
  • membuka balutan lapis dalam
  • menekan tepi luka (sepanjang luka ) untuk mengeluarkan pus
  • melakukan debridement
  • membersihkan luka dengn cairan NaCl
  • melakukan kompres desinfekta dan tutup dengan kassa
  • memasang plester atau verband
  • merapikan pasien
4. tahap terminasi
  • melakukan evaluasi tidakan yang dilakukan
  • berpamitan dengan pasien
  • membereskan alat - alat
  • mencuci tangan
  • dokumentasi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh kasus asuhan keperawatan dengan pasien gangguan kebutuhan cairan dan elektrolit

PRE TEST ANATOMI SISTEM KAKRDIOVASKULER kelas X Asisten Keperawatan

Model konseptual keperawatan sister calista roy