Aksi nyata topik 1 : pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif

 #GBBUDL #gtkdikmendiksus #kemdikbudristekdikti Aksi Nyata topik 1.  Pembelajaran untuk setting pendidikan inklusif. Selamat malam rekan – rekan, Bapak/Ibu Guru Hebat, dan wali siswa semua. dalam rangka memenuhi tahapan penyelesaian Bimtek Universal Design for Learning yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristekdikti, izinkan saya membagikan pemahaman mengenai materi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif. Apakah Bapak/Ibu atau teman - teman pernah mendengar istilah "inklusif"?.  Inklusif, atau inclusion dalam bahasa Inggris, adalah sikap mengajak masuk atau mengikutsertakan. Inklusif juga bisa memiliki arti memahami sesuai sudut pandang orang atau kelompok lain dengan latar belakang yang berbeda-beda. Lalu apa korelasi antara inklusif dengan dunia pendidikan kita? Dewasa ini sering terdengar instilah pendidikan inklusif atau pembelajaran setting pendidikan inklusif. Apa maksudnya? Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang tidak membedakan kondisi peserta didik. Kita tentu pernah me

IPPD KELAS XII : PEMERIKSAAN PENYAKIT PADA ANAK

 KD:

3.16 MENgevaluasi pemeriksaan penyakit pada anak

4.16 melakukan pemeriksaan penyakit pada anak


pemeriksan pada anak sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pemeriksaan pada orang dewasa. namn, ada beberpa tindakan khusus yang harus dilakukan pada pemeriksaan anak. misalnya prosedur yang dilakukan hausnya tdiak mengganggu pertumbuhan dalam pertumbuha dan perkembangan anak. 



A. Evluasi pemeriksaan penyakit pada anak

anak yang sakit harus ditangani dengan sebia - baiknya, karen anak -anak mengalami proses tumbuh kembangsecara maskimal sesuai dengan potensi genetiknya. umumnya pememriksaan peyakit pada anak sama degan oang dewasa, namun prosesnya harus dihubungkan dnegan tingkt pertumbuhan anak tersebut.

1. anamnesa 

sumber : CNN indonesia


lakukan pemeriksaan langsung dengan wawancara yang dapat dilkukan langsung keada pasien jika memungkinkan, atau kepada orang tua, atau kepad walinya. yang perlu dicatat pada anamnesa anatara lain sebagai berikut :
a. identitas pasien, meliputi nma, tanggal lahir, usia, nama orang tua, pendidikan, pekerjaan, umur dan alamat
b. riwayat penyakit, meliputi keluhan utma riwayat perjalanan penyakit, riwayat penyakit lampau, riwayat kehamilan ibu, riwayat kelahiran, riwayat pertumbuhan dan perkembangan, riwayat makanan, riwayat keluarga, dan keadaan sosisal ekonomi
c. lakukan komunikasi dengan baik dan dukung emosional kepada orng tua atau keluarga anak

2. pemeriksaan fisik

sumber : alodokter


a. general survey ata tanda - tanda umum
b. pemeriksaan tanda - tanda vital meliputi :
1) pengukuran suhu badan dengan meletakkan termometer di dalam mulut, rektum, dan tunggu selama 3-5 menit
2) nadi
3) tekanan darah
4) pernafasan dengan cara :
  • inspeksi : melihat dan menghitung gerakan dinndin dada dalam 1 menit
  • palpasi : tangan diletakkan pada dinding abdoment / dinding dad, dihitung gerkana pernafasan yang terasa pada tangan dalam 1 menit
  • auskultasi : mendengarkan dan menghitung bunyi pernafsan dalam satu menit
5) mengukur tinggi badan
6) mengukur lingkar kepala


sumber : buku paket ilmmu peyakit dan penunjang diagnostik kelas xii

Komentar

Unknown mengatakan…
1. Bagaimana cara mengukur tekanan darah ada bayi?
2. Apakah grok grok bayi termasuk penyakit?
3. Apa penyebab grok grok ketika bayi bernafas pada bayi umur 0-6 bulan dan bagaimana cara mengatasinya. Dan kalau bisa sembuh dengan sendirinya kapan sembuhnya?

Postingan populer dari blog ini

contoh kasus asuhan keperawatan dengan pasien gangguan kebutuhan cairan dan elektrolit

PRE TEST ANATOMI SISTEM KAKRDIOVASKULER kelas X Asisten Keperawatan

Model konseptual keperawatan sister calista roy